Minggu, 22 April 2012

Inovasi di Sekolah SMPN 74 Jakarta

Diposting oleh Mila Novera di 4/22/2012 08:39:00 PM
Reaksi: 

Nama                    : Mila Novera
No. reg                 : 1215101952
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan


Inovasi di Sekolah SMPN 74 Jakarta
Inovasi yang dilakukan oleh SMPN 74 Jakarta adalah dibukanya website untuk memperkenalkan Sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan memanfaatkan media teknologi internet.


I.        Pendahuluan
Tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan pendidikan dari waktu ke waktu makin tinggi. Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat, maka lembaga Pendidikan dalam berbagai tingkat dan jenjang pendidikan tidak lagi dapat berpangku tangan untuk melestarikan kemampuan budaya dan performen suatu sekolah, namun harus gigih melakukan inovasi perubahan dalam berbagai aspek agar tidak ditinggalkan oleh masyarakat yang hidup dalam pada era globalisasi.
Menyadari hal tersebut, sekolah sebagai agen perubahan di masyarakat harus senantiasa melakukan perubahan sesuai dengan derap dinamika perkembangan masyarakat dalam perkembangan IPTEK.
Teknologi Informasi berbasis komputer adalah salah satu media yang cukup efektif dalam mengelola sistem informasi akademik sekolah. Penggunaan internet dewasa ini juga mulai meningkat di kalangan pendidikan, penggunaan ini tidak hanya sekedar mencari informasi di Internet saja, tetapi juga sudah menerapkan teknologi internet ini sebagai media publikasi sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas sekolah.
Salah satu upaya yang bisa dijadikan sebagai program unggulan best Practice sebuah Institusi Pendidikan Sekolah adalah pembuatan website sekolah yang dipandang sebagai jembatan emas untuk meraih masa depan yang gemilang, terlebih di dalam website ini terdapat sistem yang memungkinkan pengawasan nilai siswa sebagai bahan evaluasi yang dapat dipantau oleh orang tua/wali diberbagai tempat yang pengolahannya dapat dilakukan secara online. Selain itu juga berbagai informasi sekolah yang menjadi daya tarik masyarakat dalam memandang citra sekolah.
Pembuatan website menjadi salah satu pilihan ketika masyarakat juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Di samping itu, website sekolah juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.

II.      Pembahasan
Kepala sekolah Bpk. H.M.S Siregar mengatakan website sekolah ini bertujuan untuk memperkenalkan Sekolah sebagai lembaga pendidikan dengan memanfaatkan media teknologi internet. Dengan adanya situs web ini, kami berharap Sekolah  dapat lebih dikenal di kalangan yang lebih luas. Selain itu melalui situs web ini juga, kami berharap dapat memberi kemudahan bagi para siswa dan orang tuanya untuk mengakses informasi mengenai kegiatan belajar mengajar di Sekolah  dengan cepat, efisien dan online 24 jam.
Website sekolah SMPN 74 Jakarta berisi tentang:
-          Profil sekolah
-          Akademik
-          Kesiswaan
-          Stakeholder
-          Gallery
-          Kontak
-          Info pendidikan
-          Link terkait
Berikut link dari website sekolah SMPN 74 Jakarta

Kekurangan dari inovasi website sekolah ini adalah website ini hanya sekedar untuk mencari informasi bagi para pengunjung. Website sekolah ini belum digunakan untuk proses belajar blended learning. Jadi, siswa belum diarahkan untuk belajar mandiri dan belajar efektif dengan menggunakan waktu yang ada di rumah.
Untuk content/isi dari website ini pun masih standard dan belum banyak perubahan-perubahan yang dilakukan oleh  pihak sekolah/admin website ini. terlihat dari tampilannya yang umum sering kita lihat pada website-website lain. Informasi tentang materi mata pelajaran pun masih sedikit. Jadi, bisa dipastikan bahwa siswa jarang mengunjungi website ini.


III.    Penutup
Kesimpulan
Sebenarnya ide untuk membuat website sekolah ini sudah bagus ditambah lagi dengan tuntutan jaman yang mengharuskan adanya inovasi yang mengarah pada perbaikan mutu pendidikan.
Tapi, alangkah lebih baik jika website yang sudah ada ini lebih dimaksimalkan lagi dalam pemanfaatannya. Seperti dimanfaatkan untuk proses pembelajaran Blended Learning. Sebenarnya banyak manfaat jika sekolah sudah memaksimalkan situs websitenya ini. contohnya siswa bisa belajar mandiri, peningkatan traffic pengunjung website, dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 

'Spring' Mila Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea