Senin, 02 April 2012

Sebagai Lulusan TP, Kita termasuk Kategori Adopter yang mana?

Diposting oleh Mila Novera di 4/02/2012 05:21:00 AM
Reaksi: 
Nama   : Mila Novera
No.reg : 1215101952
Teknologi Pendidikan

Sebagai Lulusan TP, Kita termasuk Kategori Adopter yang mana?

Sebelumnya, telah ada pembahasan tentang kategori adopter di dalam kelas. Terdapat 5 kategori adopter, yaitu:
1.       inovator
Inovator yang tergolong kelompok ini gemar sekali mencoba setiap gagasan baru. Menjadi inovator perlu beberapa persayaratan antara lain, ia harus mempunyai sumber keuangan yang cukup kuat karena suatu kali mungkin mereka akan menderita kerugian akibat inovasi yang tidak menguntungkan. Selain itu juga ia harus memiliki kemampuan daya fikir yang cerdas untuk dapat menerapkan dan memahami teknik yang rumit. Nilai yang paling menonjol pada inovator adalah pemberani dan petualang
2.       Pelopor
Kelompok adopter ini seringkali terdiri dari pemuka pendapat, anggota sistem sosial lainnya yang calon adopter biasanya mencari si pelopor untuk minta nasihat dan keterangan mengenai inovasi itu. Selain itu umumnya dicari agen pembaharu untuk dijadikan teman dalam penyebaran inovasi untuk mempercepat proses adopsi
3.       Pengikut Dini
Pengikut dini Menerima ide baru hanya beberapa saat setelah rata-rata anggota sistem sosial, ia banyak berinteraksi dengan anggota sistem lainnya tetapi jarang ada diantara mereka yang memegang posisi kepemimpinan. Sebalum menerima inovasi, penganut ini mungkin akan berulang kali mempertimbangkannya. Moto yang mereka pegang adalah bukan yang pertama dan bukan yang terakhir. Mereka mengikuti dengan penuh pertimbangan dalam pengadopsian inovasi.
4.       Pengikut Akhir
Golongan ini mengadopsi ide baru setelah anggota sistem sosial lain menerimanya. Pengadopsian itu terjadi mungkin karena kepentingan ekonomi atau mugkin karena bertambahnya tekanan sosial. Setiap inovasi mereka dekati dengan sikap skeptis dan hati-hati. Kelompok ini tidak mau mengadopsi inovasi sebelum sebagian anggota masyarakt telah melakukannya. Ia baru percaya pada ide baru itu jika norma sistem telah menerima ide baru itu.
5.       Lagard (kolot/lamban)
Si kolot adalah orang yang paling akhir mengadopsi suatu novasi. Hampir tidak ada diantara mereka yang menjadi pemuka pendapat. Mereka ini adalah yang paling sempit pandangan wawasannya diantara semua kelompok adopter. Banyak diantaranya hampir terasing. Referensi bagi kelompok laggard adalah masa lalu, keputusan yang dibuatnya bisanya dilakukan dengan apa yang telah dilakukan oleh generasi yang lalu.

Lalu, sebagai calon lulusan Teknologi Pendidikan, dimanakah seharusnya kita berada?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka saya telah mengambil sampel hasil jawaban dari teman-teman yang mengikuti mata kuliah Difusi Inofasi Pendidikan ini.


Berikut ini datanya:

Dari data di atas, dapat dilihat bahwa yang menyatakan lulusan TP harus menjadi seorang Innovator ada 24 orang. Sedangkan yang menyatakan lulusan TP sebagai Early Adopter (pelopor) ada 1 orang. Dan yang menyatakan lulusan TP sebagai Innovator sekaligus Early Adopter ada 2 orang.

Dan diagram berikut merupakan alasan dari pengkategorian adopter oleh responden :










Dari data di atas, dapat disimpulkan bahwa :
55% responden menjawab lulusan TP harus menjadi innovator dengan alasan untuk memfasilitasi dan memecahkan masalah belajar.
23% responden menjawab lulusan TP harus menjadi innovator dengan alasan untuk meningkatkan kinerja.
13% responden menjawab lulusan TP harus menjadi innovator dengan alasan sebagai seorang innovator, kita harus kreatif dan inovatif.
9% responden menjawab lulusan TP harus menjadi innovator dengan alasan untuk mengembangkan ide dan gagasan.
Jadi, kesimpulannya adalah 24 orang responden berpendapat bahwa sebagai lulusan TP nantinya, kita harus menjadi Innovator dengan berbagai alasan yang sudah diperlihatkan pada tabel di atas.

Data diambil pada hari Sabtu tanggan 31 Maret 2012 pukul 20.30 WIB
Sumber:
http://www.facebook.com/groups/168239919956693/

0 komentar:

Posting Komentar

 

'Spring' Mila Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea