Senin, 29 Oktober 2012

Proposal Rancangan Penulisan Buku Teks Pelajaran Sejarah untuk Siswa SMP kelas VII semester 1

Diposting oleh Mila Novera di 10/29/2012 09:08:00 PM
Reaksi: 
Latar belakang
    Kami memilih pelajaran sejarah sebagai mata pelajaran yang akan di buat dalam bentuk buku teks pelajaran, dalam mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak (PBAC) karena dari kelompok kami sendiriada anggota kelompok yang basicnya merupakan jurusan IPS, dan kami memiliki teman lulusan pendidikan sejarah yang turut serta membantu kami dalam pembuatan buku teks pelajaran ini.
   Sasaran dalam penulisan buku teks sejarah ini yaitu siswa SMP kelas VII, karena materi yang kami berikan masih kisaran sejarah Indonesia. Selain  itusetiap dari anggota kelompok kami pernah belajar tentang materi yang akan kami buat dalam penulisan buku teks pelajaran.


Tujuan penulisan buku
   Tujuan penulisan buku yang kami buat yaitu untuk memenuhi kebutuhan akan buku teks pelajaran bagi para siswa SMP kelas VII dan juga untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak.


Prosedur penulisan
    Dalam penulisan buku teks ini kami menggunakan prosedur penulisan “Himpunan” dimana setiap materi tidak memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga materi yang diajarkan bias dimulai dari BAB  manapun.


Materi
    Dalam penulisan buku teks pelajaran sejarah ini kami akan membagi menjadi 4 BAB.  Dimana pada BAB I berisi tentang kehidupan pada masa Pra Aksara di Indonesia, dan pada BAB II berisi tentang  perkembangan masyarakat ,kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu Budha serta peninggalan – peninggalannya, kemudian pada BAB III beris itentang perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam serta peninggalan-peninggalannya. Dan BAB terakhir membahas tentang perkembangan masyarakat ,kebudayaan dan pemerintah pada masa Kolonial Eropa.


Buku Rujukan,Buku Metodologi Pembelajaran dan Buku Penyusunan  Buku Teks pelajaran
  • Buku rujukan ( Referensi)
Asmito. 1988. Sejarah Kebudayaan Indonesia. Jakarta : Depdikbud

Kartodirdjo, Sartono, dkk. 1976. Sejarah Nasional Indonesia. Jakarta : PT. Grafitasi

  • Buku Metodologi Pembelajaran
Marno M.Idris.Strategi dan Metode Pengajaran. Jakarta : Ar-Ruzz Media

Moh Sholeh Hamid.2011. Metode Edutainment.Jakarta : DIVA

AdiW. Gunawan. Genius Learning Strategy. Jakarta : Gramedia
  • Buku Penyusunan Buku Teks
Dalam penyusunan buku teks ini kami menggunakan buku Penulisan Buku Teks Pelajaran oleh Prof.Dr.B.P.Sitepu,M.A.

---------------------------------------



Mata pelajaran           : Sejarah
Kelas/Semester           : VII / 1
StandarKompetensi        : 1. Memahamilingkungankehidupanmanusia
KompetensiDasar       : Mendeskripsikan kehidupan pada masa Pra Aksara di Indonesia


Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi ini,siswa kelas VII semester 1 akan dapat mengidentifikasi masa pra-aksara di Indonesia dengan tepat sesuai pada buku teks pelajaran siswa.

Indikator :
  • Menjelaskan pengertian masa PraAksara 
  • Menjelaskankan  kurun waktu masa Pra Aksara 
  • Menyebutkan jenis-jenis manusia purba di indonesia 
  • Mengidentifikasi jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara 
  • Menjelaskan perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara 
  • Menyebutkan peralatan kehidupan yang dipergunakan pada masa Pra Aksara 
  • Menjelaskan pembagian zaman berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan pada masa pra aksara. 
  • Mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara

Materi Pembelajaran:
  • Pengertian dan kurun waktu masa Pra Aksara 
  • Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa Pra Aksara 
  • Perkembangan kehidupan pada masa Pra Aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan 
  • Peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa Pra Aksara
----------------------------------------



Mata pelajaran           : Sejarah
Kelas/Semester           : VII / 1
Standar Kompetensi    : 2. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa
Kompetensi Dasar      : 2.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu Budha serta peninggalan – peninggalannya.

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari materi ini, siswa kelas VII semester 1 akan dapat mengidentifikasi peninggalan-peninggalan agama Hindu-Budha di Indonesia dengan benar sesuai pada buku teks pelajaran .

Indikator:
  • Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya Agama Hindu Budha di Indonesia. 
  • Menunjukkan pada peta daerah – daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Budha di Indonesia 
  • Menyusun kronologi perkembangan kerajaan Hindu Budha di berbagai wilayah Indonesia. 
  • Mengidentifikasi dan member contoh peninggalan – peninggalan sejarah kerajaan yang bercorak Hindu Budha di berbagai daerah. 
  • Menunjukkan tempat – tempat peninggalan Kerajaan Hindu Budha pada peta.

Materi Pelajaran
  • Proses masuk dan bekembangnya Agama Hindu Budha di Indonesia. 
  • Daerah –daerah yang dipengaruhi unsur Hindu Budha di Indonesia 
  • Perkembangan kerajaan Hindu Budha di berbagai wilayah Indonesia. 
  • Contoh peninggalan – peninggalan sejarah kerajaan yang bercorak Hindu Budha di berbagai daerah. 
  • Tempat – tempat peninggalan Kerajaan Hindu Budha.
----------------------------------------



Mata pelajaran           : Sejarah
Kelas/Semester           : VII / 1
Standar Kompetensi    : 2. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa
Kompetensi Dasar      : 2.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam serta peninggalan-peninggalannya.

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari materi ini, siswa kelas VII semester 1 akan dapat menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia dengan tepat sesuai dalam buku teks pelajaran dan pengalaman belajar siswa.

Indikator:
  • Melacak proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia 
  • Mendeskripsikan saluran – saluran Islamisasi di Indonesia 
  • Menjelaskan cara yang digunakan Wali Songo atau ulama lain dalam menyebarkan Islam 
  • Membaca dan membuat peta jalur serta daerah penyebaran Islam di Indonesia 
  • Menyusun kronologi perkembangan Kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia 
  • Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam di berbagai daerah

Materi Pelajaran:
  • Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia 
  • Saluran – saluran Islamisasi di Indonesia 
  • Cara yang digunakan Wali Songo atau ulama lain dalam menyebarkan Islam 
  • Peta jalur serta daerah penyebaran Islam di Indonesia 
  • Kronologi perkembangan Kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia 
  • Contoh peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam di berbagai  daerah


------------------------------------------

Mata pelajaran           : Sejarah
Kelas/Semester           : VII / 1
Standar Kompetensi       : 2. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa
Kompetensi Dasar      : 2.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintah pada masa Kolonial Eropa.

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari materi ini, siswa kelas VII semester 1 akan dapat mengidentifikasi perkembangan kehidupan masyarakat pada masa colonial Eropa dengan benar sesuai pada materi dalam buku pedoman siswa.

Indikator:
  • Menguraikan proses masuknya bangsa – bangsa Eropa ke Indonesia. 
  • Mengidentifikasi cara – cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya. 
  • Mengidentifikasireaksibangsa Indonesia terhadap Bangsa Eropa. 
  • Mendeskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa colonial Eropa.

Materi Pelajaran:
  • Proses masuknya bangsa – bangsa Eropa ke Indonesia. 
  • Cara – cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya. 
  • Reaksi bangsa Indonesia terhadap Bangsa Eropa. 
  • Perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan , dan pemerintahan pada masa  kolonial Eropa. 

Credit: tugas PBAC kelompok: Kiky, Mila, Ida, Fiki (TP 2010 UNJ)

0 komentar:

Posting Komentar

 

'Spring' Mila Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea